Bagian 1 dari 6 Bagian
- Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dkejadian tampak mata
- Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
- Memahami fungsi teks lisan sesuai dengan unggah-ungguh Jawa.
- Menyusun teks lisan sesuai unggah ungguh Jawa untuk berbagai keperluan sederhana.
- Menjelaskan hal-hal berkaitan dengan unggah-ungguh dan tatakrama.
- Menjelaskan unggah-ungguh memperkenalkan diri.
- Menjelaskan unggah-ungguh berpamitan.
- Menjelaskan tatakrama dan unggah-ungguh berjalan.
- Menjelaskan tatakrama dan unggah-ungguh dalam bertegur sapa.
- Menjelaskan paribasan yang berhubungan dengan kesopan santunan.
- Menyusun teks lisan berupa unggah-ungguh untuk berkenalan.
- Menyusun teks lisan berupa unggah-ungguh untuk berpamitan
- Menyusun teks lisan berupa unggah-ungguh berjalan.
- Menyusun teks lisan berupa unggah-ungguh untuk bertegur sapa.
Mengapresiasi, menginternalisasikan dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur dalam hal : kerendahan hati, pengendalian diri, welas asih, kesopan-santunan, kerjasama,dan toleransi.
Sebelum melanjutkan pelajaran kita, isilah terlebih dahulu formulir berikut ini agar teman-temanmu tahu tentang seluk-beluk namamu:
Bagian 1 dari 6 Bagian
Dewangga Raditya Putra
Kulo pengen Piter b jawa
Davina fitri octaviani
Belajar lah dengan tekun,agar cita” Bisa tercapai
Dewangga Raditya Putra
Kulo pengen pinter b. Jawa
Muhammad Salman Alfarizi
Nuywon bimbingan nipon
KHONA YUBA ANGGRIVA
Saya kesulitan
Amanullah Habibi Maha Majid
Pak Marsono ini biodata Amanullah Habibi Maha Majid
Rafi anwar arifianto
Tambah pintar
Tidak usah keluar rumah untuk membeli buku atau ke sekolah
Ja'far Rahmatulloh
Ja’far Rahmatulloh
7B
20
Sandria Berliana
Stay at home jangan keluar keluar
Felisha Bertha Nugraha
Saya felisha kls 7b presensi
adinda ayu prima rani putri
saya suka bahasa jawa
adinda ayu prima rani putri
harus mandiri tapi banyak kesulitan ngak perlu keluar rumah
adinda ayu prima rani putri
harus mandiri panyak kesulitan
adinda ayu prima rani putri
tambah pintar tidah keluar rumah
Muhammad Atha' Faiq
Tambah ilmu,tambah pengetahuan tentang berbahasa yang baik dan benar.
adinda ayu prima rani putri
saya kesulitan untuk mengerjakan bahasa jawa
adinda ayu prima rani putri
saya keaulitan mengerjakan bahasa jawa da saya tidak pernak keluar rumah karena untuk belajar bahasa jawa supaya bisa bahasa jawa
NURLATHIF
Semanu gunung kidul
adinda ayu prima rani putri
saya kesulitan mengerjakan tugas bahasa jawa dan saya tidak perna keluar kalas
Ragil bayu saputro
Saya kesulitan mengerjakan
Axsel daniswara
1.Jam 6 gunadi sampun siram
2.saksampune siram gunadi ngagen seragam
3.lajeng gunadi sarapan sareng sareng kale bapak ibuk lan rayi
4.bocah kekale ajeng nyuwun pamit
5.astanaipun bapakne di puncium
6.bocah kakale ketinge rukun saget
7. tindhak dateng sekolah ngageng pit onthel
8.gunadi sak bendinen sinau kanti bungah
9.bocah kekale ngabeti jumatan tiang sapae
10.jwita kalian gunadi kangungan budi ingkang luhur
Axsel daniswara
1. jam 6 gunadi sampun siram
2.sak sampune siram gunadi ngagem seragam
3.lajeng gunadi sarapan sareng sareng kale bapak ibuk lan rayi
4.bocah kekale ajeng nyuwun pamit
5.astanaipun bapakne di puncium
6.bocah kekale ketinge rukun saget
7.tindhak dateng sekolah ngageng pit ontel
8.gunadi sak bendinten sinau kanti bungah
9.bocah kekale ngabeti jumatan tiang sapae
10.jwita kalian gunadi kagungan budi ingkang luhur
GaLih Rhilo Pambudhi
1. Jam 6 Gunadi wis adus
2. Sakwise adus banjur nganggo seragam
3. Gunadi banjur sarapan bebarengan Bapak, Ibu, lan Adhine
4. Bocah loro banjur padha njaluk pamit
5. Tangane bapakne diambung
6. Bocah loro iku katon rukun banget
7. Anggone sekolah numpak pit onthel
8. Gunadi saben dina sinau kanthi seneng
9. Bocah loro iku uga bekti marang wong tuwane
10. Juwita lan Gunadi pancen becik bebudene
DaffaAufarFadhli
Pak saya tidak menemukan tugasmya
NURLATHIF DWI RIFA'I
NURLATHIF DWI RIFA’I
Syafnada aulia syafa
Di kondisi seperti ini kita jangan keluar rumah untuk membeli buku dengan adanya website kita di permudah untuk mencari materi
Syafnada aulia syafa
Di kondisi seperti ini kita tidak perlu keliat rumah untuk membeli buku karena sudah di sediakan website untuk mencari materi materi sekolah
Rahmat Candra raharja
Rambah pintar tidak usah keluar rumah membeli buku atau ke sekolahan
Axsel daniswara
1.Nyuwun sewu
2.nderek langkung pak Rt
3.hyumun sewu bu kulo rumiyin ngih
4.mas/mbk aku disik yo
5.ayo konco bareng bareng mlaku
Falih Rhilo Pambudhi
1.unggah ungguh yen mlaku ing ngarepe wong liya kang lagi lenggahan sak becik e nundukake awak lan ngunikake lamit
2.wong enom ngoko marang wong kang luwih tuwa
3.ngunikake monggo utowo lamit
4.monggo
5.ora gojekan ning dalan,aja bengak bengok,
UAxsel daniswara
1.Nyuwun sewu
2.nderek langkung pak Rt
3.hyumun sewu bu kulo rumiyin ngih
4.mas/mbk aku disik yo
5.ayo konco bareng bareng mlaku
Fadhil Miftakhul huda
Saya kesulitan dalam membuka bahasa jawa
Ghofira mufidatul azzahra
Saya mengerti Bu,dan sudah saya pahami
Ghofira mufidatul azzahra
Saya mengerti dan paham
Dini Anggara Wati
Insya Allah paham
Muhammad Syaiful Hanafi
Alhamdulillah, bisa membantu saya untuk lebih mudah memahami materi unggah unggah
Muhammad Syaiful Hanafi
Terimakasih atas materinya sangat membantu saya
Muhammad Syaiful Hanafi
Terimakasih , materinya dapat saya pahami meskipun dengan sedikit kesulitan
Perdana Tegar Pangestu
Sangat bagus untuk menambah wawasan
Rauldino Faiz Nugraha
Tetap semangat belajar dirumah
GalihRhiloPambudhi
1.Nyapa lan salim.
2.ngucapaken salam.
3.ngucapaken salam lan salim tangan.
4.saling sapa.
5.nyapa kancane kang sopan.
GalihRhiloPambudhi
B.Jawa
1.Nyapa lan salim.
2.ngucapaken salam.
3.ngucapaken salam lan salim tangan
4.saling sapa.
5.nyapa kancane kang sopan.
Adnan Dama Saputra
Jujur saya masih kesulitan tapi saya tetap mau semangat belajar